Sony Xperia SP, Smartphone Tangguh Harga 4,9 jutaan

Sony Xperia SP merupakan smartphone terbaru yang diluncurkan oleh Sony pada pertengahan Maret 2013 lalu. Hadir dari segmen mid-end (kalangan menengah), ponsel tersebut dibekali dengan serangkaian fitur menarik dan spesifikasi yang mumpuni. Mengusung layar berukuran 4,6 inci dengan resolusi mencapai 720 x 1280 pixels model layar TFT capacitive touchscreen dengan spektrum hingga 16 juta warna, layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass. Layar sentuhnya juga mendukung fitur multitouch hingga 10 kepekaan jari sehingga akan terasa nyaman ketika mengoperasikannya.

Dari sisi performa, dibekali prosesor Qualcomm MSM8960T Snapdragon dengan CPU Dual Core berkecepatan 1.7GHz, dan juga GPU Adreno 320. Memori RAM berkapasitas 1 GB dengan memori internal kapasitas 8 GB dengan ekspansi memori eksternal hingga kapasitas 32 GB siap memadukan kinerja prosesor. Mengenai sistem operasinya adalah Android v4.1 Jelly Bean yang bakal menjalankan programnya.


Untuk fitur hiburannya, kamera sensor 8 Megapixel yang mampu menghasilkan gambar berukuran hingga 3264 x 2448 pixels dan juga merekam video kualitas Full HD 1080p. Untuk kamera depan berjenis VGA yang bisa digunakan untuk aktifitas video call.


Seperti layaknya smartphone pada umumnya, Sony Xperia SP juga sudah dilengkapi fitur standar seperti Bluetooth, WiFi dan jaringan 3G HSDPA. Namun di smartphone Xperia ini sudah mendukung jaringan 4G atau LTE. Ditopang pula oleh baterai kapasitas 2370 mAh yang diklaim mampu bertahan dalam kondisi stand by selama 635 jam di jaringan GSM dan 732 jam dengan di jaringanUMTS, serta 709 jam dalam di jaringan 4G  LTE. Sementara itu untuk waktu bicara diklaim mampu bertahan sampai 18 jam 53 menit.


Mengenai harganya,  Sony Xperia SP kabarnya sudah meluncur di dua negara yaitu India dan Rusia. Di India, ponsel ini dibanderol dengan harga 27.490 INR atau sekitar Rp4,9 jutaan. Sedangkan di Rusia, Sony Xperia SP dibanderol 17.990 atau sekitar Rp5,6 jutaan. Lebih mahal di negara Rusia karena di Rusia, Sony Xperia SP akan di bundling dengan headset Sony MH1c LiveSound.


Sangat besar kemungkinan smartphone ini bakal meluncur ke tanah air, karena Sony Xperia SP juga sudah bersertifikat DITJEN Postel Indonesia. Di tanah air sepertinya harga smartphone tersebut bakal tidak jauh seperti yang ada di negara India yaitu sekitar Rp4,9 jutaan.